Cara Memasang SSD M.2 Pada Komputer

By | Desember 13, 2018

Cara Memasang SSD M.2 Pada Komputer ā€“ SSD atau Solid State Drive Merupakan teknologi terbaru dari hardisk, fungsinya sama yaitu tempat menyimpan file dan instalasi os atau software, yang membedakannya adalah teknologi di dalamnya.

Hardisk masih menggunakan piringan didalamnya sehingga pada saat komputer di nyalakan biasa terdengar bunyi hardisk yang berisik, sedangkan SSD atau Solid State Drive tidak menggunakan piringan sehingga pada saat booting, komputer anda tidak akan berisik.

Selain tidak berisik, kecepatan SSD juga jauh lebih cepat di bandingkan hardisk, sehingga banyak orang ngomong SSD adalah obat lemod komputer.

Berikut ini beberapa manfaat menggunakan SSD M.2

  •  Menghemat ruang, perlu anda ketahui ukuran SSD tipe M.2 jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan hardisk ataupun SSD tipe sata.
  • Proses booting OS jauh lebih cepat di banding menggunakan hardisk.
  • Cara pasang mudah, tinggal tancap saja ke slot m.2 di motherboard.
  • Performa komputer anda meningkat.

Kekurangan SSD m.2 : Harga lebih mahal di bandingkan hardisk.

Cara Memasang SSD M.2 Pada Komputer

1. Pastikan terlebih dahulu motherboard yang anda gunakan sudah support ssd m.2, cirinya ada slot khusus dengan tulisan m.2 pada motherboard. contohnya pada motherboard saya ada slot ā€˜Ultra M.2ā€™ lihat gambar di bawah.

Cara Memasang SSD M.2 Pada Komputer

2. Pasang SSD M.2 dengan cara menancapkannya ke slot m.2 di motherboard.

Cara Memasang SSD M.2 Pada Komputer

3. Setelah di tancapkan anda masih harus memasang baut agar ssd dan motherboard menyatu dengan baik, baut biasanya sudah include pada box pembelian motherboard, jika tidak ada, mintalah baut pada saat beli ssd m.2.

Cara Memasang SSD M.2 Pada Komputer

4. Setelah di pasang anda bisa langsung install OS, setelah install OS silahkan rubah setingan di bios, pada menu boot jadikan ssd menjadi prioritas utama.

Berdasarkan apa yang saya rasa, SSD M.2 memiliki performa jauh lebih cepat di bandingkan hardisk, saya merasa lebih nyaman pada saat gaming, editing dan rendering.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *